Kamis, 11 April 2013

detail beritaPeneliti di European Southern Observatory melalui teleskop luar angkasa berhasil meringkus gambar penampakkan 'gelembung hijau' di luar angkasa. Peneliti berusaha menjelaskan asal-usul awan hijau "berhantu" di konstelasi Southern Hemisphere Scutum (The Shield).
Dilansir Sciencemag, Rabu (10/4/2013), gambar ini diklaim sebagai tangkapan terbaik dari objek yang baru sedikit diketahui. Objek misterius ini dinamakan IC 1295, yang merupakan nebula planet.
Nebula planet ini merupakan awan debu yang melebar dari bintang yang akan mati. IC 1295 terletak sekira 3.300 tahun cahaya dari Bumi.
Nebula planet ini juga terdiri dari beberapa material, di mana masing-masing material tersebut dimuntahkan dari bintang pusat. Material tersebut lalu berubah menjadi hijau menyala karena dominasi oksigen terionisasi.
Selama beberapa miliar tahun ke depan, pusat bintang akan bersuhu rendah untuk menjadi bintang kerdil putih. Bintang ini akan memiliki ukuran sekira satu hingga delapan kali lipat ukuran matahari di sistem tata surya.
Nebula planet biasanya berlangsung selama 10 ribu tahun dan tidak memiliki hubungan terhadap planet-planet yang ada di sistem tata surya. Kabarnya, nebula planet pernah ditemukan pertama kali di abad ke-18, di mana terdapat gumpalan yang tampak mirip dengan gas raksasa Uranus.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.