Jumat, 15 Februari 2013

Pendiri Canonical  Mark Shuttleworth yang merupakan perusahaan di balik Ubuntu mengatakan pada Wall Street Journal kalau ponsel berbasis ubuntu pertama akan diluncurkan pada bulan Oktober 2013 di dua area yang tidak disebutkan secara spesifik di mana kemungkinan besar Amerika sebagai salah satu pasar utama yang ditargetkan.

Ubuntu Phone OS merupakan OS berbasis Ubuntu yang dioptimasi untuk ponsel dengan layar sentuh, dengan tampilan mirip Unity UI dari OS Ubuntu versi desktopnya.  Aplikasi yang dibuat di atas Ubuntu Phone OS menggunakan teknologi HTML5 atau QML dengan C++ dan menurut Mark para programmer akan mendapatkan akses ke OS Ubuntu Phone pada bulan ini.  Bila Anda ingin mencoba, nantinya OS ini bisa diinstall di perangkat Samsung Galaxy Nexus juga sebelum perangkat ponsel pertama khusus Ubuntu OS tiba.
Kecanggihan OS mobile baru ini adalah fitur yang sebenarnya hampir sama persis dengan versi Ubuntu desktop, sehingga apabila kita mencolokkan ponsel ini ke perangkat monitor dengan keyboard dan mouse maka kita bisa menjalankan dan mengoperasikan aplikasi Ubuntu seperti LibreOffice.

Anda bisa melihat video demo Ubuntu OS di bawah ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.