Minggu, 19 Mei 2013

Nah apa itu proxy ? mungkin udah banyak yang tahu dan mungkin juga ada yang baru denger. Oke, pertama tulisan ini mungkin bagi ente yang baru kenalan sama proxy. Bagi kalian yang sudah kenal jika beda pemahamnya dengan ane nanti bisa dikoreksi tulisan ini. he Oke lanjut, Istilah Proxy itu adalah sebuah teknik atau cara  yang bertindak sebagai perantara. Bisa dianalogikan dalam dunia jual beli itu yang berperan sebagai Reseller, kalau di dunia asmara yang berperan sebagai Mak Comblang.  Jadi intinya bertindak menyampaikan tugas dari orang pertama ke orang kedua melewati perantara orang ketiga. Nah mungkin sekarang kalian sedikit berfikir untuk memahami penggunaan proxy dalam dunia teknologi informasi dari analogi diatas.
Teknik Proxy
Teknik Proxy
Dalam dunia jaringan komputer , proxy sendiri banyak manfaatnya diantaranya yaitu block situs-situs kurang baik, optimalisasi bandwith, ada juga yang memanfaatkan untuk mempercepat akses browsing dan mungkin masih banyak lain pemanfaatan proxy dalam dunia jaringan komputer yang perkembanganya semakin pesat. Proxy bisa digunakan secara lokal dan publik tergantung fungsinya.
Jadi, Teknik proxy dalam jaringan komputer adalah teknik yang standar untuk akses Internet  atau Intranet secara bersama-sama oleh beberapa komputer sekaligus dalam sebuah jaringan lokal (LAN) melalui saluran komunikasi. Disini dikenal juga Proxy Server, yang bertindak sebagai gateway untuk setiap komputer client. Proxy server sendiri itu apa ? ialah sebuah komputer server bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content ke server dari Internet atau intranet.
Salah satu Cara Kerja Proxy Server
Salah satu Cara Kerja Proxy Server
Tanpa proxy, setiap pengguna internet harus melakukan akses langsung (komunikasi) ke server misal: google atau facebook yang servernya berada di Amerika, yang hal ini karena jauhnya jarak ke server luar tersebut, maka menghasilkan delay yang besar. Nah itulah mengapa walaupun bandwith  besar yang diberikan oleh ISP , tetapi performance yang dihasilkan tidak memuaskan, hal ini disebabkan delay (lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tanggapan request dari sisi server). Oke dah mulai paham, selanjutnya apa saja fungi dari proxy itu ?
# Beberapa fungsi utama proxy yang populer yaitu :
a) Conecting sharing : Fungsi Proxy disini adalah penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP yang dihantarkan ke IP lain ataupun ke IP komputer kita.
b) Filtering : Beberapa proxy dilengkapi juga dengan firewall yang mampu memblokir atau menutup alamat suatu IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.
c) Caching : Artinya proxy juga dilengkapi media penyimpanan query data suatu akses server atau website yang di akses pengguna (client), jadi misalkan akses suatu server A bisa lebih cepat apabila sebelumnya sudah terdapat permintaan akses data query ke server A oleh pengguna proxy. Data query suatu server A yang diakses dengan proxy akan secara automatis tersimpan, kemudian pengguna berikutnya yang mengakses server A yang sama dengan menggunakan proxy, akan lebih ringan karena sebagian data query dari server A di akses ke penyimpanan data proxy.
d) Privat Network : Artinya proxy  dapat digunakan untuk mengamankan private network yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (misalnya Internet). Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah “agen keamanan” untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.
# Oke lanjut, Nah dari penjabaran beberapa fungsi diatas proxy juga memiliki beberapa macam. Berbagai macam proxy yang populer sebagai berikut :
a) Proxy Tranparent :
Lebih mengutamakan fungsi sebagai kurir atau perantara pengambilan data. Biasanya proxy Tranparents ini bisa kita gunakan untuk mempercepat akses ke suatu website. Akan tetapi kalau kita menggunakan proxy Transparen ini IP kita tetap bisa terdeteksi atau terbaca pada server IP yang kita akses datanya dengan metode pelacakan IP. Ingin mencoba silahkan kunjungi situs http://who.is , IP ente akan terbaca disitu.
b) Proxy Annonymous :
Dengan Proxy Annonymous selain sebagai perantara, proxy ini juga akan memblokir data IP kita sehingga IP sebenarnya kita tidak bisa dibaca oleh server website yang kita ambil atau kita akses datanya, dan yang terbaca pada server website adalah IP Proxy tersebut. Tapi biasanya kecepatan akses lebih lambat dari pada Proxy Transparent tergantung IP Proxy Server yang digunakan. Ingin mencoba proxy annonymous silahkan kunjungi situs http://www.hidemyass.com/proxy-list/ , dan coba gunakan salah satu proxy yang ada di list, kemudian lihat perbedaanya di http://who.is ,setelah dan sebelum menggunakan proxy annonymous. (jadi berasa main petak umpet) .
c) Elite Proxy :
Ini adalah (anonimitas tinggi) tidak mengirim HTTP_X_FORWARDED_FOR, HTTP_VIA dan variabel HTTP_PROXY_CONNECTION. Server bahkan tidak tahu kalian menggunakan server proxy dan tentu saja tidak tahu alamat IP kalian.
# Gimana kawan udah lebih paham tentang proxy kan ? Masih mau lanjut nih ? Oke kita lanjut, sekarang apalagi ya ? tadi definisi proxy udah, cara kerja proxy udah, fungsi proxy udah, macam-macam proxy juga udah. Oya sekarang adalah mengenal macam-macam proxy sesuai dengan fungsinya, ane hanya kasih tahu beberapa aja ya, karena banyak sekali macam-macam pemanfaatan proxy, lain kali kita jabarkan satu per satu.
Dibawah ini adalah macam-macam proxy sesuai fungsinya , yaitu:
a) Caching Proxy Server : berfungsi mempercepat dengan mengambil dan menyimpan konten yang sama dari proses sebelumnya oleh klien yang sama ataupun berbeda. Implementasinya bisa lihat gambar di atas.
b) Web Proxy : berfungsi menyediakan cara untuk menolak akses ke URL yang telah ada pada daftar blacklist.
c) Conten-filtering web proxy : berfungsi menyediakan control administrative atas konten yang melewatinya, biasanya digunakan dalam suatu organisasi baik komersil maupun non-komersil. Ini juga sama fungsinya seperti Web proxy.
d) Anonym server proxy : pada fungsi proxy ini ada fitur login untuk dapat mengakses konten yang dinginkan. Dirancang untuk melindungi anonimitas dan privasi browser web dari operator server.
e) VPN (virtual Private Network) : berfungsi agar jaringan user secara private  dapat mengakses ke tempat lain melalui media public seperti internet.
e) Hostile proxy : proxy yang berfungsi untuk melakukan penyadapan pada mesin dataflow antara klien dan web.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.