Senin, 06 Mei 2013

detail berita
Para ahli teknologi terus berinovasi untuk meningkatkan performa perangkat mobile. System on Chip (SoC) bisa dibilang sebagai generasi terkini dalam menyokong smartphone, namun apakah fungsi dan keunggulan komponen tersebut?

Jika pada komputer tradisional kita mengenal Motherboard yang harus dipadukan dengan memori, Graphic Processing Unit (GPU),  prosesor dan komponen pendukung lainnya untuk menjadi penggerak komputasi, namun SoC menyatukan beberapa komponen seperti CPU, GPU, memori, hingga modem dalam satu chip.

Keuntungannya sudah jelas, ukuran lebih kecil dan CPU berbasis ARM yang hemat energi, pastinya memberikan solusi bagi kebutuhan perangkat mobile. Akan tetapi, tidak seperti komponen pada komputer tradisional yang dapat di-upgrade -- misalnya Anda dapat menambahkan GPU dan RAM -- sedangkan itu tak bisa dilakukan pada SoC. Demikian disitat dari TechRadar, Senin (6/5/2013).

Nah, belum lama ini jagad teknologi diramaikan dengan kehadiran Raspberry Pi, sebuah komputer dengan ukuran kecil yang dapat berjalan layaknya PC tradisional. Ukurannya yang mini tak lepas dari penggunaan SoC BCM2835, yang terdiri dari prosesor berbasis ARM 700MHz dan GPU Videocore 4.

Raspberry Pi merupakan salah satu contoh penggunaan SoC. Meskipun, SoC yang saat ini beredar mengusung multi-prosesor dan GPU. Di samping terdapat CPU, GPU, dan memori, sebuah SoC juga memiliki Northbridge, komponen yang mengomunikasikan antara CPU dan komponen lain pada SoC. Banyak dari SoC juga memiliki Southbridge, yang bisa menangani berbagai fungsi input/output (I/O).

Mayoritas SoC memang masih disokong prosesor berbasis ARM yang memberikan kinerja tinggi dengan konsumsi daya rendah. Namun di luar itu, Intel menjadi satu-satunya produsen yang memiliki SoC berbasis x86 untuk perangkat mobile.
Disebut sebagai Intel Atom Medfield. Smartphone pertama yang menggunkan SoC tersebut ialah Intel AZ210, yang dikenal sebagai Orange San Diego di Inggris.

Terkini, Samsung memperkenalkan SoC Exynos 5 Octa, menggunakan delapan inti (eight-core) yang terdiri dari quad-core 1.2GHz serta 1.6GHz yang diperkuat dengan GPU PowerVR SGX 544MP3. Selain itu terdapat juga SoC keluaran Qualcomm yaitu Snapdragon 600 serta Nvidia dengan Tegra 4 dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.