Kamis, 30 Mei 2013



IT#5 - Kerinduan pengguna Windows terhadap tombol Start yang dihilangkan di Windows 8 segera terobati.

Meski belum pasti "kembali", sebuah screenshot yang memperlihatkan tombol Start tersebut beredar di internet. Letaknya masih sama, di ujung kiri bawah layar namun dengan bentuk baru, yaitu logo Windows 8.

Sedikit berbeda dengan tombol Start di Windows 7 dan Windows versi sebelumnya, warna tombol tersebut akan berubah warna saat mouse digeser di atasnya.

Kemudian pula untuk fungsinya, bila dulu, saat ditekan, tombol Start akan memunculkan daftar menu, di Windows 8.1 yang akan ditampilkan adalah Start Screen yang berisi daftar aplikasi. Meski demikian, latar belakang pada Start Screen bisa disamakan dengan desktop. Sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman yang sama saat mengakses desktop.

Seperti dikutip dari ZDNet, tombol tersebut akan kembali hadir di Windows 8.1 yang sebelumnya dirumorkan bernama Windows Blue.

Selain tombol Start, fitur lain yang kemungkinan hadir kembali adalah "boot-to-desktop". Fitur ini memungkinkan "booting" komputer langsung ke lingkungan desktop Windows, tanpa harus melalui Start Screen terlebih dahulu.

Opsi itu pun kabarnya bakal menjadi pilihan default pengguna. Booting ke Start Screen seperti pada Windows 8 bisa dipilih apabila diinginkan.

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.