Minggu, 17 Maret 2013

Kesuksesan kubu Samsung lewat Galaxy Note yang terkenal dengan kemampuan “corat-coret” di layar mengilhami banyak pemain utnuk menghadirkan produk sejenis dalam rupa yang berbeda atau bahkan meniru persis. LG yang juga berasal dari Korea pun tak mau kalah dengan memunculkan Optimus Vu (tipe LG-P895) dengan layar yang unik.
u1-429-LG-O-VUKami sebut unik karena LG Optimus Vu membuat layar 5˝dengan resolusi 768×1024 piksel (panel HD-IPS) dalam rasio 4:3 yang membuatnya terlihat cenderung kotak. Displai dengan kerapatan 256ppi ini cukup aneh. Kebanyakan smartphone muncul dalam rasio layar 16:10/9 yang lebih nyaman untuk melihat video. Pihak LG berkilah bahwa layar dengan rasio 4:3 (disebut juga rasio standar) mungkin melawan tren masa kini, namun justru memiliki keunggulan pada aktivitas browsing, membuka email, atau membaca media digital. Aktivitas mengetik keyboard dengan dua tangan pun jadi lebih nyaman.
Selain layar yang tidak biasa, LG Optimus Vu juga mengandalkan fitur Quick Memo seperti halnya Galaxy Note. Di sini kamu bisa langsung mencoret layar, membuat catatan, atau juga menggambar, baik dengan jari maupun stylus yang tersedia. Fungsi memo ini dapat langsung diaktifkan dengan menekan tombol mungil di bagian atas dan dapat langsung dipakai meski tengah menerima telepon. Sayangnya, stylus tak bisa diselipkan ke badan smartphone yang tebalnya 0,85cm ini. Karenanya, LG menyertakan cover kulit untuk membawa Optimus Vu berikut stylus yang membuatnya terlihat seperti buku diary/agenda.
Desain kombinasi smartphone dan tablet yang kerap disebut phablet ini disempurnakan oleh dukungan komponen yang mantap. Berbekal prosesor quad core Nvidia Tegra 3 1,5GHz plus  memori utama 1GB membuat gadget ini berlari cepat. Jika perlu dilakukan koreksi displai pada aplikasi/game yang berjalan maka cukup tekan dan tahan tombol Home untuk mengubah besaran rasio layar antara 4:3 dan16:9.
Beberapa aplikasi menarik yang ditawarkan LG Optimus Vu adalah Video Wiz yang berguna untuk melakukan video editing dengan mudah meski terkesan sederhana. Ada lagi layanan RemoteCall Service yang memungkinkan teknisi LG melakukan pemeriksaan dan perbaikan secara software dari jarak jauh. Dengan ini konsumen tak perlu pergi ke service center.
PCplus juga mencatat sedikit kekurangan. LG Optimus Vu ternyata hanya mengandalkan media simpan internal 32GB tanpa slot untuk media simpan eksternal. Fasilitas Note juga terkesan sederhana jika dibandingkan Galaxy Note II misalnya.
Sebagai phablet dengan layar yang berbeda plus beberapa fitur keren, LG Optimus Vu berdesain cantik ini sangat menyenangkan pada aktivitas yang menuntut layar lebih melebar (bukan memanjang). Harga yang lebih kompetitif turut menjadi faktor menarik bila dibandingkan kompetitor sekelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.