Rabu, 19 November 2014

Empat Teknologi Impian yang Menjadi Kenyataan
IT#5 – Teknologi yang dahulu hanya sebuah impian atau hanya muncul dalam film layar lebar, kini berkembang menjadi kenyataan. Perkembangannya pun meningkat cukup signifikan, meski sayangnya ada dampak positif dan negatif terhadap pengguna maupun lingkungan sekitar.
Kini, semua teknologi yang dahulu hanya menjadi impian belaka kini telah menjadi kenyataan. Dan beberapa teknologi yang berkembang dari tahun ke tahun itu, adalah hasil usaha para insinyur teknologi untuk mengembangkannya menjadi nyata.
Seperti dikutip dari Escapemagazine, Selasa (18/11/2014), perkembangan teknologi 2015 mungkin akan lebih menghebohkan. Namun, sebelum mencapai tahun tersebut ada beberapa teknologi yang dahulunya hanya hadir di film layar lebar kini telah menjadi nyata.
Beberapa teknologi yang kini menjadi nyata adalah:

Augmented Reality (AR)
Bisa dibilang ini adalah teknologi ilusi mata yang membuat sebuah gambar diam menjadi bergerak, bahkan perkembangannya saat ini bisa membawa penggunanya mengunjungi dunia lain. Sebut saja teknologi Google Glass, sebagai kacamata pintar dari Google. Di dalamnya, pengguna akan banyak mendapatkan informasi dunia internet yang bisa dinikmati hanya melalui sebuah kacamata.
Selain itu, ada juga Oculus Rift sebagai kacamata 4 dimensi yang seolah mampu membawa penggunanya mengunjungi ‘dunia lain’. Dan mungkin, teknologi yang akan datang diungkapkan akan mampu menghadirkan sistem teleportasi digital.

Wearable Sensors
Awal konsep teknologi dikembangkan untuk memudahkan pengguna. Dan hal itu kini menjadi nyata yang dituangkan dalam perangkat wearable. Melalui alat ini para pengguna bisa memantau dan mengontrol kebugaran tubuhnya, sekaligus menghitung jumlah kalori yang terbakar sehingga memudahkannya dari pada harus mengunjungi dokter kesehatan .
Di masa mendatang, dengan teknologi sensor yang bisa disematkan dalam satu perangkat, seperti spedometer, pedometer, denyut jantung dan pelacak GPS, memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi dan pelacakan data untuk meningkatkan pelatihan dan kinerjanya.

Auto Pilot
Teknologi Auto Pilot yang dimiliki lembaga militer, mampu memberikan tugas pesawat tempur maupun pesawat mata-mata untuk mengintai daerah lawan tanpa adanya pilot. Namun, terlepas dari posisi aplikasi militer, mesin otomatis ponsel ternyata juga memiliki teknologi yang hampir sama. Pengguna bisa menggunakan perintah suara untuk memantau arah lalu lintas perkotaan, menunjukkan jalur aman dan menuntun penggunanya ke arah tujuan.
Di masa mendatang, kabarnya teknologi ini akan dikembangkan dan di aplikasikan untuk kendaraan publik. Sehingga, memungkinkan untuk mengurangai kemacetan lalu lintas, peningkatan produktivitas dan rekreasi, dan kecelakaan lebih sedikit.

Brain Wave Monitoring
Otak manusia tak lama lagi bisa diikuti bagaimana cara bekerjanya. Sebuah teknologi terbaru menyatakan telah berhasil menemukan cara mengetahui apa yang ada dalam pikiran seseorang. Dan hal ini, dibuktikan oleh para ahli saraf dari Universitas Barkeley California yang menciptakan sebuah helm pembaca pikiran untuk bisa bekerja layaknya otak manusia.
Bahkan, para peneliti tersebut juga kini telah membuat alat yang lebih ringkas dalam bentuk decorder yang bisa ditanam dikepala manusia. Nantinya, alat ini akan mempelajari bagaimana menerjemahkan pikiran orang dan memungkinkan otak untuk menafsirkan suara sebagai kata-kata. Dan gelombang suara yang keluar itu, diklaim dapat dibaca sebagai neutron yang dapat diartikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.