Sabtu, 29 November 2014

Tinggalkan Facebook, Pengguna Beralih ke Aplikasi Chatting
IT#5 - Layanan media sosial mulai banyak bermunculan. Media sosial berbasis Chat diperkirakan akan terus mengalami pertumbuhan secara signifikan.
Diperkirakan pengguna sosial media di Indonesia akan berpaling dari jejaring sosial, Facebook ke aplikasi layanan pesan atau chatting. Hasil penelitian GlobalWebIndex (GWI) menunjukkan bahwa layanan berbasis chat ini dinilai lebih cepat untuk berkomunikasi dibandingkan dengan jejaring sosial, seperti facebook.
“Aplikasi pesan mobile telah menjadi saksi tingkat pertumbuhan yang luar biasa selama periode ini terutama di kalangan generasi muda. Karena orang yang menggunakan social networking lebih pasif, jadi jumlah teman di social networking pun menurun. Orang melihat aplikasi mobile messaging sebagai cara yang lebih cepat untuk berkomunikasi. Kami mengharapkan jumlah pengguna aplikasi mobile messaging ini akan terus tumbuh di kuartal mendatang,” ujar Head of Trends, Jason Mander.
Senada dengan Mander, Ketua Dewan Pakar Indonesia ICT Teguh Prasetya mengungkapkan bahwa di tahun mendatang pengguna layanan pesan instan ini akan terus meningkat. “Di tahun mendatang sosial berbasis media akan semakin tinggi. Facebook juga mempunyai layanan tersebut, namun pertumbuhannya tidak signifikan,” ujar Teguh Prasetya kepada Okezone melalui percakapan telefon, Jumat (28/11/2014).
Layanan Berbasis chat yang dikenal di Indonesia seperti WhatsApp, Wechat, Path dan Line banyak digandrungi oleh kalangan muda di Indonesia saat ini.
Penggunaan sosial media di Indonesia terbentuk karena budaya yang ada di Indonesia. Sifat masyarakat yang ramah selalu ingin membuat mereka terhubung dan mendapatkan teman baru.
“Membludaknya media sosial di Indonesia karena budaya yang suka bicara melalui sms. Saat ini ada media sosial, sehingga mereka dapat terus terhubung dengan mudah. Secara geografispun Indonesia terbagi-bagi atas beberapa wilayah dan media sosial sangat efisien untuk saling berhubungan,” jelasnya.
Maraknya media sosial di Indonesia membuat masyarakat Indonesia berbondong-bondong menggunakan berbagai macam media sosial. Bahkan tidak heran jika mereka memiliki lebih dari satu media sosial dalam smartphone mereka.
“Orang Indonesia suka mencoba dan mengeksplor sesuatu yang baru. Mereka memiliki keingintahuan yang tinggi dan tak heran mereka memiliki banyak media sosial dalam smartphone mereka, padahal hanya beberapa yang mereka gunakan,” jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.