Sabtu, 22 Maret 2014

Ilustrasi. (foto: Reuters)   IT#5 - Badan intelijen Amerika Serikat, National Security Agency (NSA), dilaporkan telah menipu berbagai penguna internet sebagai Facebook untuk menanamkan malware pada komputer tiap pengguna. Hal ini sudah dilakukan oleh NSA selama empat tahun terakhir.

Berdasarkan bocoran dokumen terbaru dari mantan agen NSA, Edward Snowden, misi yang dilakukan oleh NSA menyamar sebagai Facebook ini memiliki sandi TURBINE. Misinya adalah untuk mengontaminasi pengguna Facebook dengan malware yang sudah dirancang khusus oleh NSA untuk memberi akses.

NSA menyamar sebagai situs Facebook, kemudian setiap pengguna yang membuka situs jejaring sosial palsu tersebut langsung disuntikkan oleh malware ke dalam sistem komputer pribadinya.

Jika sebuah komputer telah terinfeksi malware buatan NSA, intelijen AS tersebut dengan mudah memata-matai komputer pengguna. Tak terkecuali mengakses dan mencuri berbagai data pengguna komputer.

Mengutip laporan Ubergizmo, Kamis (13/3/2014), perkiraan malware yang disebarkan oleh NSA ini sekira 85 ribu hingga 100 ribu. Pihak Facebook sendiri memungkiri adanya pemalsuan server Facebook seperti yang dilaporkan Snowden. Namun demikian, dipastikan misi TURBINE dari NSA sudah tak ada lagi sekarang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.