Sabtu, 22 Maret 2014

Ilustrasi. (Foto: Reuters)   IT#5 - National Security Agency (NSA) dan Government Communications Headquarters (GCHQ) bekerjasama membentuk perlawanan terhadap WikiLeaks dan sejumlah kelompok aktivis lain. Hal ini terungkap dalam file NSA yang dibocorkan oleh Edward Snowden.

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa badan intelijen milik AS dan Inggris itu memimpin sebuah kampanye besar dalam skala internasional yang ditujukan kepada Julian Assange dan ‘jaringan manusia’ yang mendukung WikiLeaks. Demikian dilaporkan Softpedia, Selasa (18/2/2014).

Bahkan menurut laporan, duo badan intelijen tersebut sedang berencana menargetkan situs torrent paling populer di dunia, The Pirate Bay, dan Anonymous.

File-file itu juga mengungkapkan bahwa GCHQ menyadap kabel optik, sehingga bisa mengumpulkan alamat IP pengunjung situs WikiLeaks secara real time, serta istilah pencarian yang digunakan untuk membuka situs melalui Google dan mesin pencari lain.

Dokumen Snowden yang lain mengungkapkan bahwa pada Agustus 2010, White House mendesak sekutu asing mengajukan tuntutan pidana terhadap Julian Assange atas publikasi WikiLeaks terkait perang Afganistan.

Laporan ini sekaligus membuktikan bahwa NSA dan GCHQ tidak hanya terlibat dalam urusan melindungi keamanan nasional dari ancaman teroris. Badan-badan intelijen ternyata juga tertarik menargetkan hacktivis, situs torrent, dan organisasi media, yang mengungkapkan kebenaran tentang operasi rahasia AS.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.