Kamis, 26 Desember 2013


IT#5- Internet sekarang ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang mengingat berbagai perangkat mobile yang terkoneksi ke internet sudah menjamur. Bahkan saat ini koneksi berbasis nirkabel sudah makin banyak ditemui di berbagai tempat seperti kafe-kafe, bank, restoran, bus, bahkan kantor kecamatan dan di pinggir jalan. Tak jarang pula fasilitas Wi-Fi hadir di dalam rumah bagi keluarga yang memiliki aktivitas tinggi dalam penggunaan internet.

Untuk itu, beberapa produk perangkat router atau alat untuk mentransimisikan jaringan data juga sudah mulai banyak di pasaran. Tim Okezone mendapat kesempatan mencoba dua perangkat router pabrikan Huawei, yakni Huawei WS330 dan WS322. Kedua perangkat ini memiliki kelebihannya masing-masing. Dan tim Okezone mencoba perangkat Huawei WS330 lebih dulu.

Desain

Dilihat dari bentuknya, router Huawei WS330 ini memiliki bodi yang simpel dan dinamis dengan sudut-sudut silindernya. Tidak kaku dan tak pula berbentuk seperti perangkat zaman dahulu, yang notabene selalu berdesain kotak. Seluruhnya memiliki warna hitam, dan di atasnya terdapat lima lampu indikasi Internet, LAN, Power, WLAN, dan WPS. Kesemua lampu akan menyala jika pengguna mengaktifkan atau memasang kabel yang ada. Memiliki bahan material dari plastik membuat perangkat ini sangat ringan dan mudah dipindah-pindah.



Di bagian belakangnya terdapat lima port, satu untuk jaringan LAN, dan empat lainnya untuk sambungan ethernet yang bisa ditautkan ke empat komputer yang ada. Di paling kiri terdapat lubang untuk memasang kabel adapter untuk menyalakan router, tombol on/off, lubang sangat kecil untuk mereset router, dan tombol WPS untuk pengaturan internet secara otomatis.



Router ini juga dilengkapi dengan dua antena, yakni dua external 5dBi dan satu internal 3dBi. Kedua antena ini berperan penting untuk mentransmisikan sinyal Wi-Fi pada satu ruangan atau rumah, yang diakui oleh Huawei mampu mencapai kecepatan hingga 300Mbps. Kedua antena ini pula yang mampu menyebarkan jaringan sinyal internet walaupun terhalang oleh lapisan dinding, dan bahkan berbeda lantai.

Router Pintar

Router ini pun sangat bersahabat dengan orang awam yang kurang paham dengan pengaturan internet sebelum Huawei WS330 ini bisa digunakan. Tombol WPS yang ada di sebelah tombol On/Off ini sangat memudahkan pengguna menggunakan router secara langsung hanya dengan satu kali tekan. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengatur jumlah bandwith yang disebarkan. Terlebih, Huawei W330 ini juga memiliki filtering alamat situs atau URL untuk menjaga anggota keluarga agar tetap berinternet secara sehat tanpa membuka situs-situs yang tak diinginkan. Router ini pun memiliki firewall sendiri sebagai pencegahan dari serangan Denial-of-Service (DoS). Untuk Huawei WS330 ini dijual pada kisaran Rp399 ribu.

Huawei WS322

Sedangkan untuk perangkat Huawei WS322, adalah router sekaligus repeater dengan bentuk dan teknis yang lebih ringkas nan simpel dari Huawei WS330. Di dalam perangkat ini sudah disematkan dua antena internal berperforma tinggi.



Memang tak memiliki jangkauan sinyal seperti Huawei WS330, namun keringkasan plug and play yang ditawarkannya sangat memudahkan. Dengan bentuknya yang segenggaman, pengguna hanya perlu mencolok router ke steker listrik dan menyambungkan kabel LAN, tekan tombol yang berada di tengahnya lalu sinyal Wi-Fi sudah bisa didapatkan. Lebih lagi, Huawei WS330 ini juga bisa menjadi repeater alias perangkat penguat sinyal Wi-Fi agar lebih maksimal dalam berinternet. Untuk perangkat router sekaligus repeater Huawei WS322 ini dibanderol pada kisaran Rp369 ribu.




Spesifikasi Huawei WS330

- Kecepatan hingga 300Mbps
- Satu port 10/100Mbps WAN Ethernet
- Empat port 10/100Mbps LAN Eterhnet
- Dua antena external 5dBi, satu antena interlan 3dBi
- Internal Firewall, pencegahan serangan DoS, URL filter, dan kontrol orang tua
- QoS bandwith control
- WPS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.