Kamis, 26 Desember 2013


 IT#5 - Tingkat ancaman terhadap internet di seluruh dunia naik 6,9 persen. Tercatat selama tahun ini, 41,6 persen pengguna komputer mengalami serangan setidaknya satu kali.

Untuk melakukan serangan terhadap internet, para pelaku menggunakan 10.604.273 host unik, naik 60,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Amerika Serikat (AS) dan Rusia adalah dua negara yang menjadi host web berbahaya terbanyak di dunia, dengan 45 persen serangan internet yang berhasil di netralisir produk-produk Kaspersky Lab, berasal dari kedua negara tersebut.

Tahun ini juga terlihat bertambahnya isu-isu keamanan mobile, baik dalam hal kecanggihan dan jumlah ancaman.Kebanyakan aplikasi mobile berbahaya bertujuan mencuri uang dan mencuri data personal. Sistem operasi (OS) Android tetap menjadi target utama dengan 98,05 persen malware yang diketahui.

"Sepertinya pengembang aplikasi berbahaya tidak akan menurun, terutama untuk Android. Hingga kini, kebanyakan malware di desain untuk mendapat akses ke perangkat Android. Di masa depan, kemungkinan akan hadir  worm massal pertama untuk Android," jelas analis virus senior Kaspersky Lab, Christian Funk, dalam keterangan resminya, Rabu (25/12/2013).

Malware Obad merupakan temuan paling penting dalam dunia mobile pada tahun ini, serta merupakan malware mobile serbaguna, termasuk tiga eksploitasi yang jumlah totalnya sangat menakjubkan, backdoor, kemampuan SMS Trojan dan bot, serta fungsional lanjutannya.

Lebih lanjut, dari seluruh percobaan untuk mengeksploitasi kerentanan, 90,52 persen diketahui menyasar Oracle Java. Produk-produk Kaspersky Lab mendeteksi hampir 3 miliar serangan malware terhadap komputer pengguna. Dari semua serangan, terdeteksi sebanyak 1,8 juta program berbahaya dan program yang tidak diinginkan.

Berikut temuan lain Kaspersky Lab mengenai serangan di internet pada tahun ini:
1. Kaspersky Lab mendeteksi 315.000 file berbahaya baru setiap hari. Tahun lalu jumlahnya adalah 200.000 file setiap hari.
2. Produk-produk Kaspersky Lab rata-rata menghadang 4.659.20 serangan terhadap pengguna setiap hari saat mereka online.
3. Jumlah serangan berbasis browser dalam dua tahun terakhir meningkat hampir dua kali lipat menjadi 1.700.870.654
4. Kaspersky Lab mendeteksi 104.427 modifikasi baru program-program berbahaya untuk perangkat mobile, naik 125 persen dibanding tahun sebelumnya
5. Pada Oktober 2013, Kaspersky Lab mendeteksi 19.966 modifikasi baru malware mobile. Jumlah ini setara 50 persen dari total modifikasi malware yang ditemukan Kaspersky Lab di tahun 2012, hanya dalam waktu satu bulan.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.