Kamis, 26 Desember 2013


IT#5-Bermunculan smartphone baru memberikan pilihan bagi para calon pembeli, pengguna pemula atau mereka yang akan meng-upgrade smartphone dari feature phone ke ponsel pintar. Di 2013 ini, beberapa vendor menyediakan handset baru untuk para pengguna.

Bila melihat data melalui Google Trends 2013. Terungkap sepuluh peringkat besar smartphone yang paling dicari oleh pengguna di Indonesia. Yang menempati urutan pertama ialah Samsung Galaxy S4, kemudian Nokia Lumia di urutan kedua.

Khusus Nokia, pada Oktober 2013 telah mengumumkan perangkat tablet 10,1 inci, Lumia 2520 besutannya di acara Nokia World di Abu Dhabi. Untuk smartphone, Lumia 1020 merupakan produk dengan spesifikasi terkuat yang didukung OS Windows Phone 8.

Melihat perangkat yang paling dicari tersebut, tampaknya Android masih menjadi juara dibandingkan produk Apple iPhone maupun Windows Phone. Data Google Trends 2013 juga mengungkap posisi iPhone 5 di urutan ketiga, kemudian BlackBerry Z10 di posisi keempat.

Untuk posisi kelima, iPhone 5S menjadi handset yang banyak dicari orang melalui mesin pencari Google. Khusus iPhone 5S, smartphone terbaru ini bakal mendarat di pasar China. Perusahaan Chinese telecommunications akan membawa iPhone 5S, serta 5C yang mendukung jaringan 3G dan 4G tahun depan untuk para pengguna di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Zdnet melaporkan, kedua model smartphone ini akan tersedia di toko Apple dan China Mobile mulai 17 Januari 2014. Vendor asal Amerika Serikat ini membuka pra-registrasi pada akhir tahun ini.

Masih melihat dari data Google Trends 2013, meskipun Galaxy S4 berada di urutan puncak menjadi smartphone unggulan Samsung, Galaxy S3 rupanya menjadi handset yang tetap banyak dicari orang. Galaxy S3 menduduki posisi keenam pada data Google Trends 2013.

Berikutnya, produk buatan Samsung, Galaxy Fame juga banyak diburu oleh para pengguna dan berada di posisi ketujuh. Terlihat grafik pencarian tertinggi pada 4 sampai 10 Agustus 2013. Gsmarena melaporkan, perangkat berbasis Android 4.1.2 yang rilis Maret 2013 itu diperkuat dengan kamera 5MP serta CPU 1GHz.

Sony Xperia Z berada di urutan kedelapan. Smartphone yang memiliki fitur tahan air dan debu ini diperkuat dengan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon S4 Pro 1.5GHz.

Mengusung Android 4.1 Jelly Bean yang dapat di-upgrade ke 4.2, smartphone ini memiliki ketangguhan pada layar dengan TFT HD Reality Display, teknologi Sony Mobile Bravia Engine 2 (1920 x 1080 piksel) 5 inci.

Di lini CDMA platform Android, Smartfren unggul menduduki posisi kesembilan di Google Trend 2013. Smartfren memiliki variasi Andromax yang terbilang cukup sukses dan laris di pasar Indonesia. Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren telah mengungkap bahwa perusahaan perlahan naik dari menghadirkan layar 3,5 inci, menuju 5 inci.

Djoko mengatakan, salah satu produk Andromax C tercatat pernah mendapatkan angka penjualan hingga 5.500 unit per hari. Hadirnya Andromax Z, produk Smartfren paling mumpuni dengan Quad Core 1.5 GHz diharapkan bisa menjawab kebutuhan para pengguna gadget Tanah Air yang menginginkan spesifikasi tinggi, namun dengan banderol yang terjangkau.

Urutan paling buntut dari sepuluh besar yang diungkap Google Trend 2013 ialah Mito A300. Smartphone yang didukung OS Android Ice Cream Sandwich tampil dengan banderol harga di bawah Rp1 juta. Smartphone dengan fitur dual SIM (GSM-GSM) ini diperkuat prosesor dual-core 1GHz.

10 Besar Smartphone Paling Banyak Dicari di Indonesia

1. Galaxy S4
2. Nokia Lumia
3. iPhone 5
4. BlackBerry Z10
5. iPhone 5S
6. Galaxy S3
7. Galaxy Fame
8. Xperia Z
9. Andromax
10. Mito A300

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.