Jumat, 27 September 2013

detail berita
IT#5 – Hari ini raksasa mesin pencari Google tengah merayakan hari jadinya yang ke-15 tahun. Tak ingin ketinggalan momen spesial ini, Google Doodle pun ikut meramaikan halaman depan situs dengan menampilkan game interaktif bertemakan piñata Meksiko.

Dilansir The Independent, Jumat (27/9/2013), Doodle hadir menantang para netters – sebutan bagi para pengguna internet – untuk mendapatkan permen sebanyak mungkin dengan memukul piñata berbentuk bintang melalui tongkat.

Sekadar kilas balik, Google pertama kali terbentuk pada 1998. Bermula dengan nama BackRub dan kala itu startup kecil itu memulai operasionalnya di garasi sebuah garasi di bilangan Menlo Park.

Google didirikan oleh dua orang mahasiswa PhD bernama Larry Page dan Sergey Brin sebagai bagian dari proyek penelitiannya. Akan tetapi, siapa yang sangka jika startup kecil itu terus berkembang hingga menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi netters dari berbagai penjuru dunia.

Menariknya, sejak beberapa tahun belakangan ini tanggal ulang tahun Google banyak menjadi perdebatan. Di mana, sejumlah analis mengatakan bahwa ulang tahun perusahaan yang kini berdiri dengan megahnya di Montain View, California, Amerika Serikat (AS) itu jatuh pada 7 September tepat ketika tanggal website disahkan.

Akan tetapi, banyak pihak juga yang bersikeras tanggal kelahiran Google itu jatuh pada 15 September. Di mana, pada tanggal tersebut nama domain Google.com diyakini telah didaftarkan.

Terlepas dari kontroversi itu, Google memiliki alasan tersendiri mengapa memilih merayakan hari jadinya pada 27 September setiap tahunnya. Hal itu mungkin dikarenakan perang argumen dengan salah satu mesin pencari yang kini dipimpin oleh Chief Executive Officer (CEO) Marissa Mayer, Yahoo tentang ukuran dan laju pertumbuhan masing-masing pada 2005.

Setelah Yahoo mengumumkan bahwa pihaknya lebih unggul dari Google, insinyur piranti lunak Anna Patterson buru-buru mem-posting pesan dalam blog resminya untuk mengatakan jika indeks perusahaannya telah diperluas sampai 1.000 kali.

Dalam pesannya, ia juga menambahkan jika sebagai bagian dari ulang tahun Google maka pihaknya akan menurunkan penghitung indeks dari halaman depannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.